Quiz E-Business Pra UAS TA.13-14


TEORI & KONSEP e-Business

  1. Jelaskan e-Commerce menurut Turban and King 2003. Kemudian jelaskan 4 aktivitasnya : Pre-sale, Sale Exececutive, Sale Settlement, dan After sale.
  2. Sebutkan Manfaat dan Masalah e-Commerce masing-masing 5 buah
  3. Jelaskan Konsep B2C? Dan juga Jelaskan infrastruktur dari B2C.
  4. Jelaskan beberapa Model B2C berikut contoh perusahaan yang anda ketahui!
  5. Jelaskan Konsep B2B Dan Infrastrukturnya? Kemudian Jelaskan dengan contoh beberapa model B2B!
  6. Sebutkan manfaat dan Masalah dalam B2B minimal 3 buah.
  7. Jelaskan konsep C2C gunakan contoh perusahaan yang sedang eksis.
  8. Jelaskan konsep e-Marketing menurut Brassington dan Pettit,2000. Dan jelaskan karaketristiknya menurut Brickerton et al, 2000.
  9. Sebutkan dan jelaskan Chanel Markting
  10. Jelaskan Manfaat e-Marketing  
  11. Jelaskan teknik e-marketing  berbasis web menurut Hardaker dan Graham, 2001. 
  12. Jelaskan konsep e-procurement menurut Rajkumar dan Martin. 
  13. Gambarkan model proses e-procurement ? gunakan contoh perusahaan yang anda ketahui!
  14. Sebutkan dan jelaskan bentuk/jenis e-procurement. 
  15. Jelaskan Manfaat E-Procurement bagi perusahaan! 
  16. Mengapa diperlukan E-Business Planning bagi perusahaan saat ini? Jelaskan dengan argumentasi menggunakan teori yang anda ketahui.
  17. Jelaskan e-Business Strategy yang dilakukan BCA sekktar sepuluh tahun terakhir. 
  18. Jelaskan Proses Aktifitas Pengembangan e-Business beserta Model Linier dan Model Iterative
  19. Sebutkan dan Jelaskan Pengembangan Web BasedTools. 
  20. Mengapa E-Business perlu di Evaluasi? Jelaskan dengan mnggunakan contoh prusahaan yang anda ketahui!

KASUS

KRL Commuter Line Segera Terapkan E-Money

sumber : http://www.swa.co.id/corporate/krl-commuter-line-segera-terapkan-e-money

Terus berbenah menjadi lebih modern, itulah yang sedang diupayakan oleh pihak PT. KAI (Kereta Api Indonesia), khususnya untuk KRL Commuter Line yang melintasi kawasan Jabodetabek. Penerapan sistem tiket elektronik (e-ticketing) dan tarif progresif sudah dilakukan. Hasilnya, penambahan jumlah penumpang secara signifikan. Ke depan, ada rencana untuk menerapkan penggunaan e-money bekerja sama dengan sejumlah pihak perbankan. Diharapkan, hal ini bakal membuat penumpang kereta api semakin nyaman.

 “Jadi, gini kalau e-ticketing ini kami sedang dalami untuk penggunaan e-money. Jadi, (kerja sama) dengan beberapa bank, seperti BRI, Mandiri, BNI, Bank DKI, Bank Mega, BCA, terus menyusul Bank Bukopin,” terang Makmur Syaheran, Direktur Komersial PT Jakarta Commuter Jabodetabek, usai penandatanganan kerja sama antara KAI dengan CIMB Niaga mengenai fasilitas pembayaran tiket melalui e-commerce payment dan merchant, di Jakarta, Senin (28/10/2013).

Menurut dia, pihak Jakarta Commuter Jabodetabek sedang menjajaki sisi teknisnya mengingat perbankan pasti mempunyai sistem keamanannya masing-masing. “Semuanya pasti punya security. Ini kami gabungkan dalam satu transaksi. Kan pada saat nasabahnya itu menggunakan kartunya untuk melakukan perjalanan dengan KRL, saat tap-in atau tap-out itu terkoneksi dengan kartu mereka,” ujarnya.

Jenis kartunya sendiri itu dilimpahkan ke pihak perbankan. Bisa saja dengan kartu debit maupun kartu kredit, atau dengan kartu prabayar yang sudah banyak beredar. “Sebenarnya yang lebih pas, yang sudah dikeluarkan seperti BRI Brizz, (BCA) Flazz, atau semacam itu. Yang jelas kami ini, dari sisi kartunya sendiri basisnya sudah teknologi yang terakhir,” ungkap Makmur.

Pihaknya pun mengaku persiapan dilakukan sudah lama. Setelah itu, harus dilakukan juga penyesuaian ke penumpang. “Kalau lihat penumpang sebanyak 600 ribu orang per hari ini kan pemahaman orang terhadap TI tidak semua bisa menyesuaikan dengan cepat.”

Sekalipun demikian, Jakarta Commuter Jabodetabek berkeyakinan tahun ini merupakan tahun yang tepat untuk menerapkan layanan pembayaran tiket dengan e-money. Ia mengatakan, “Sekarang ini waktunya untuk merilis satu produk lagi yang nantinya akan memudahkan penumpang juga.”

Gebrakan apa lagi yang akan dilakukan Jakarta Commuter Jabodetabek? Makmur berujar, kartu multi-trip nantinya akan dijual di tempat-tempat di luar stasiun, seperti di minimarket. Lalu, berapa banyak kartu yang bakal di jual perusahaan di luar stasiun? Ia mengutarakan, perusahaan bakal menyiapkan kartu dalam jumlah banyak. Sekarang ini saja masih ada stok kartu sekitar 200 ribu kartu yang siap dilepas.

Penambahan atau pengisian dana dalam kartu atau top-up nantinya juga bisa dilakukan di sebuah mesin ataupun di mana saja, seperti di minimarket. “Tinggal datang ke stasiun, kami sediakan semacam mesin khusus, mereka tinggal menempelkan, status keluar, teraktivasi,” jelas Makmur.

Mengenai jumlah kartu multi-trip sekarang ini, ia menyebutkan, “Sesuai dengan jumlah penumpang dari sekitar 600 ribu itu sudah lebih dari 50 persen menggunakan kartu multi-trip.” Sedangkan untuk kartu single trip atau tiket harian berjaminan, itu sudah 80 persen tidak refund setiap hari. Maksudnya, terang dia, penumpang sudah memakai kartu itu untuk transaksi setiap hari. “Kalau yang 20 persen itu setiap hari ke loket untuk refund. Sehingga sebenarnya kalau dijumlah dengan kartumulti-trip, penggunaaan kartu itu sudah hampir 80 persen dari total transaksi.”

Apakah kartu multi ataupun single trip dengan prabayar akan bentrok? Ditekankan Makmur, kartu-kartu tersebut sifatnya akan saling melengkapi dengan satu tujuan untuk melayani para pengguna kereta api. “Jadi, jangan khawatir kalau namanya roti berapa porsi atau bagiannya, ini terserah masing-masing operator. Itu kompetisi yang biasa saja,” pungkas dia. (EVA)

Pertanyaan:

  1. Jelaskan apa saja masalah yang di hadapi PT.KAI dan Perbankan dalam memanfaatkan e-money?
  2. Mengapa pihak perbankan sangat antusias menggarap e-money khususnya dengan PT.KAI? Jelaskan!
  3. Jelaskan hubungan dan jenis  e-business  yang dipakai antara PT.KAI dengan salah satu Bank penyelenggara e–money, boleh menggunakan gambar!
  4. Sebutkan sebanyak mungkin manfaat yang diperoleh baik oleh PT.KAI dan Perbankan!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s