QUIZ

Ketentuan Quiz

1.jawablah pertanyaan quiz tersebut secara perorangan minimal dua soal

2.jawaban di tulis dalam kolom komentar pada soal quiz di www.humdiana.wordpress.com

Caranya klik komentar, isi nama :nama/nim/kelas;

Kemudian iketikan email anda; lalu ketikan jawaban quiz pada kolom kotak besar.

Sebelum keluar klik tab komentar tulisan.pastikan jalaban anda terposting dengan baik.

3.sebagai bentuk partisipasi anda menjawab soal quiz silahkan follow me di twitter @roellyhumdiana

Soal Quiz

  1. Dalam membantu manajer untuk  pengambilan keputusan di perlukan DSS. Jelaskan  dan gambarkan komponen DSS tersebut.
  2. Jelaskan Nilai bisnis DSS bagi Burlington Coat Factory.
  3. Jelaskan peran EIS/ESS dalam perusahaan
  4. Jelaskan Nilai bisnis EIS/ESS  bagi National Life.
  5. Bagaimana e-Commerce telah mengubah cara menjual dan bagaimana transaksi B2B, B2C dan C2C dilakukan?
  6. Jelaskan apa yang terjadi pada CRM Analitis?
  7. Jelaskan Manajemen Rantai pasokan (SCM) pada perusahaan manufaktur? Sebutkan juga manfaatnya
  8. Mengapa memilih pendekatan pengembangan system informasi merupakan keputusan bisnis yang penting. Jelaskan jawaban anda.
  9. Jelaskan dan gambarkan konsep e-Business (Sistem Perusahaan) dan berikan contoh yang relevan? untuk gambar bisa menggunakan Buku Loudon terjemahan jilid 2 hal 7 atau buku Humdiana-Evi bab 7 hal 218

10.  Jelaskan berbagai cara bagaimana sistem manajemen pengetahuan dapat membantu  perusahaan dalam bidang penjualan dan pemasaran atau manufaktur dan produksi?

Bacalah kasus PT Unilever dari majalah swa. swa.co.id/2010/10

Buatkan kerangka masalahnya

Jelaskan istilah berikut : Business Intelligence, Model Dorong dan model tarik, end to end, fully automated

3 thoughts on “QUIZ

  1. 1) Komponen DSS :
    – Basis Data DSS
    Sekumpulan data yang sekarang dan historis dari sejumlah aplikasi atau kelompok. Basis data DSS dapat berupa basis data kecil dalam PC yang berisi sebagian data perusahaan yang telah diunduh dan mungkin digabungkan dengan data eksternal.
    -Sistem Peranti Lunak DSS
    Berisi peranti lunak yang digunakan untuk menganalisis data. Peranti lunak DSS dapat berisi berbagai perangkat OLAP, perangkat penggalian data, atau sekumpulan model matematis dan analitis yang dapat diakses dengan mudah oleh pengguna DSS.

    Gambar komponen DSS:

    3) ESS mempunyai kemampuan untuk menelusuri ( drill down ), berpindah dari satu bagian data rangkuman ke tingkatan perincian yang semakin rendah. Kemampuan ini berguna tidak hanya bagi eksekutif senior tetapi juga untuk karyawan tingkat rendah yang perlu melakukan analisis data. Para eksekutif membutuhkan data eksternal yang kisarannya luas, dan berita mengenai pasar saham terkini hingga informasi mengenai pesaing, tren industri, bahkan tindakan legislatif yang direncanakan. melalui ESS, manajer mempunyai akses ke sumber-sumber yang mereka butuhkan. Dengan ESS, manajer dapat melakukan perbandingan grafis dari data berdasarkan waktu, wilayah, produk, kisaran harga, dll.

  2. Soal 1.
    Komponen DSS :
    1. Basis Data (DSS) adalah sekumpulan data yang sekarang dan historis dari sejumlah aplikasi atau kelompok. Basis data DSS dapat berupa basis data kecil dalam PC yang berisi sebagian data perusahaan yang telah diunduh dan mungkin digabungkan dengan data eksternal .
    2. Sistem peranti lunak DSS , berisi peranti lunak yang digunakan untuk menganalisis data. Ini dapat berisi berbagai perangkat OLAP , perangkat penggalian data atau sekumpulan model matematis dan analitis yang dapat dengan mudah diakses oleh pengguna DSS.

    Soal 2.
    Nilai bisnis DSS bagi Burlington Coat Factory :
    Burlington Coat Factory menggunakan markdown optimization solution dari profitlogic untuk mengatur penentuan harga dan persediaan barang untuk semua tokonya diseluruh AS. Profitlogic memperhitungkan kondisi saling ketergantungan yang rumit antara menentukan harga awal untuk barang, harga untuk promosi dan harga diskon termasuk dampak silang dari pemberian harga suatu barang terhadap barang lainnya, dan kondisi musiman .

    Soal 3.
    Peran EIS/ESS dalam perusahaan :
    ESS mempunyai kemampuan untuk menelusuri (drill down), berpindah dari satu bagian data rangkuman ke tingkatan perincian yang semakin rendah. Kemampuan untuk menelusuri ini berguna tidak hanya bagi eksekutif senior tetapi juga bagi karyawan tingkat rendah yang perlu melakukan analisis data. Perangkap OLAP untuk menganalisis basis data berukuran besar menyediakan kemampuan ini.
    Para eksekutif membutuhkan data eksternal yang kisarannya luas, dari berita mengenai pasar saham terkini hingga informasi mengenai pesaing , tren industri dan bahkan tindakan legislatif yang direncanakan. Melalui ESS, banyak manajer mempunyai akses ke sumber layanan berita, basis data pasar uang, informasi ekonomi, dan data publik apapun yang mungkin mereka butuhkan.

    Soal 4.
    Nilai Bisnis EIS/ESS bagi National Life :
    National Life menggunakan ESS berbasis WebFOCUS buatan information Builders, yang memungkinkan manajer senior mengakses informasi dari basis data perusahaan melalui antarmuka Web. Sistem ini menyediakan laporan statistik dan kemampuan untuk menelusuri informasi penjualann yang paling baru, yang diatur untuk menunjukkan nilai premi berdasarkan agen penjualan. Pengguna yang mendapatkan otorisasi dapat menelusuri data ini untuk melihat produk , agen dan klien untuk setiap penjualan. Mereka dapat menelaah data tersebut dengan berbagai cara – berdasarkan wilayah, produk dan pialang serta mengakses data bulanan, kuartalan atau tahunan.

    Soal 5 .
    E-commerce telah mengubah cara menjual dan bagaimana transaksi B2B, B2C, dan C2C dilakukan :
    E-commerce bisnis ke konsumen (B2C) : melibatkan penjualan produk dan layanan secara eceran kepada pembeli perorangan. Barnesandnoble.com, yang menjual buku, peranti lunak dan musik kepada konsumen perorangan merupakan contoh B2C

    E-commerce bisnis ke bisnis (B2B) : melibatkan penjualan produk dan layanan antarperusahaan. Situs web ChemConnect merupakan situs untuk membeli dan menjual gas alam cair , bahan bakar, bahan kimia dan plastik. Situs ini merupakan contoh daro B2B

    E-commerce konsumen ke konsumen (C2C) : melibatkan konsumen yang menjual secara langsung ke konsumen. Contohnya , eBay situs lelang Web raksasa , memungkinkan orang-orang menjual barang mereka ke konsumen lain dengan melelangnya kepada penawar tertinggi.

  3. 1. Sistem pendukung keputusan (DSS) myediakan model analitis/ perangkat analisis data berukuran besar kepada manager menengah untuk menghadapi keputusan semi terstruktur.

    Komponen DSS :
    a. Basis data DSS : sekumpulan data yang sekarang dan historis dari sejumlah aplikasi atau kelompok. basis data dapat berupa basis data kecil dalam PC yang berisi sebagian data perusahaan yang telah diunduh dan mungkin digabungkan dengan data eksternal

    Alternatif lainnya, basis data DSS dapat berupa gudang data besar yang secara terusmenerus diperbaharui oleh TPS perusahaan pusat

    b. Sistem peranti lunak DSS : berisi peranti lunak yang digunakan untuk menganalisis data seperti OLAP, perangkat penggalian data, atau sekumpulan model matematis dan analitis yang dapat dengan mudah diakses oleh penguna DSS

    c. Pengguna antar muka DSS memberikan kemudahan berinteraksi antar pengguna sistem dan oeranti lunak DSS.

    —————————————–

    2. Burlington Coat Factory. menggunakan menggunakan software Markdown Optimiztion Solustion dari ProfitLogic untuk mengatur penentuan harga dan persediaan barang untuk semua tokonya di seluruh AS.

    Profitlogic memperhitungkan kondisi saling ketergantungan yang rumit antara menentukan harga awal untuk barang,harga untuk promosi, dan harga diskon, termasuk dampak silang dari pemberian harga untuk barang lainnya dankondisi musiman.

    Hal ini memungkinkan Burlington untuk memperoleh penjelasan lebih cepat mengenai kinerja barang untuk menghindari barang berkinerja buruk dan bebas mengisi persediaandengan barang yang baru yang sesuai dengan perminataan.

    —————————————–

    3. ESS membantu manager dalam masalah tidak terstrutur dan semi terstruktur dengan berfokus pada kebutuhan informasi pihak managemen senior. Dengan menggabungkan data dari sumber internal dan eksternal, ESS membantu para eksekutif senior mengawasi organisasional, melacak aktivitas pesaing, mengetahui berbagai masalah, mengidentifikasi kesempata dan meramalkan tren bisnis.

    ESS mempunyai kemampuan untuk menelusuri, berpindag dari satu bagian data rangkuman ke tingkatan perincianyang semakin rendah. Kemampuan ini tidak hanya berguna bagi eksekutif senior, tetapi bagi karyawan rendah yang memerlukan analisis data. Perangkat OLAP untuk menganalisis data berukuran besar menyediakan kemampuan ini.

    Para eksekutif membutuhkan data ekternal yang berkisar luas dari berita mengenai pasar saham terkait hingga informasi mengenai pesaiang, tren industri, bahkan itndakan legislatif yang direncanakan. Melalui ESS banyak manager mempunyai akses ke sumber layanan berita, basis datapasar uang, informasi ekonomi, dan data publik apapun yang mungkin untuk dilakukan.

    ESS kontemporer memuat perangkat untuk permodelan dan analisis. Hanya dengan pemakaian yang minimum banyak manager mendapati bahwa mereka dapat menggunakan perangkat ini untuk melakaukan perbandingan grafis dari data berdasrkan waktu, wilayah, produk, kisaran harga, dll.

    —————————————–

    4. National Life menggunakan ESS berbasis WebFOCUS buatan Information Builders, yang memungkinkan manajer senior mangakses informasidari basis data perusahaan melalui antarmuka Web. Sistem ini menyediakan laporan statistik dan kemampuan untuk menelusuri informasi penjualan yang paling baru, yang diatur untuk menunjukkan nilai premi berdasarkan agen penjualan. Pengguna yang mendapatkan otorisasi dapat menelusuri data ini untuk melihat produk, agen dan klien untuk setiap penjualan. Mereka menelaah data tersebut dengan berbagai cara berdasarkan wilayah, produk, dan pialang serta mengakses data vuloanan, kuartalan, dan tahunan

    —————————————–

    5. E-commerce
    a. B2B : melibatkan penjualan produk dan layanan antar perusahaan. Contohnya adalah Situs Web ChemConnect merupakan situs untuk membeli dan menjual gas alam cair, bahan bakar, bahan kimia, dan plastik

    b. B2C : melibatkan pernjualan produk dan layanan secara eceran kepada pembeli perorangan. contohnya adalah Barnesandnoble.com yang menjual buku, peranti lunak, dan musik kepada konsumen perorangan.

    c. C2C : melibatkan konsumen yang menjual secara langsung kepada konsumen. Sebagai contoh e-Bay, situs lelang Web raksasa memungkinkan oran-orang menjual barang mereka ke konsumen lain yang melelangnya kepada penawar tertinggi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s